Friday, December 10, 2010

Belanja Online

Wow..belanja online, semudah membuat nota pindah buku...eh semudah membuat tweet atau memberi komentar di status orang,hehe tinggal browsing2 barang yang diinginkan, sesuaikan ukuran/warna, hubungi nyang jualannya daaaan..setelah ada kesepakatan, tinggal transfer dan taraaaaa...barang sampai di meja, dianter sama satpam depan (loh?)....

Saya sendiri belum terlalu banyak pengalaman tentang berbelanja di dunia maya..hmm kalo diitung2, saya baru 5x berbelanja online (dan malam ini berhasrat untuk menambahnya menjadi 6x...adooh emak2 banget). Belanja online yang selama ini saya lakukan ya atas dasar percaya, krn saya tau siapa yang jualan..kalau nggak ya yang jualan tuh temennya temen...belum pernah ke penjual yang sama sekali nggak saya kenal. Tapi nggak ada salahnya juga sih belanja ke online store yang ownernya nggak kita kenal..asalkan tokonya itu bisa dipastikan dan diverifikasi sebagai toko online yang terpercaya. Caranya? kalau saya pakai cara sederhana saya, misalnya si owner toko online pernah diwawancarai di majalah/koran/televisi...atau toko online itu merupakan toko yang direkomendasikan oleh teman saya...tentu saja teman yang memang gemar belanja online juga:D

Hati-hati dalam berbelanja online is a must! saya jadi inget kejadian yang dialami oleh bos (middle bos loh ya,hihi)..eh maksutnya istri bos saya, yang kayaknya hobi banget belanja online..hampir tiap minggu, bos saya menerima paket hasil belanja online sang istri (ini kok malah ngomongin orang ya?hehe)...jadi ceritanya, istri si bos beli tas KW (katanya made in hongkong..istri bos kok beli tas KW ya?eeh eeh *gausahdibahas*) di online shop di facebook lalu setelah berkomunikasi melalui facebook message dan bertukar no handphone, si ibu mentransfer kurang lebih 500rb an ke si penjual...ditunggu satu hari, dua hari barangnya nggak dateng2 juga..si bapak bos dan istrinya mulai curiga, mulailah mereka menelpon ke no handphone si penjual daaaaan "Nomor yang anda hubungi sedang tidak aktif" alias nggak pernah bisa dihubungi lagi..cek di facebooknya..loh loh kok udah nggak ada? hmm sadar kalau sedang ditipu, si pak bos mulai meracau..lah, ya enggak lah...si bos mendatangi kubikel saya.."Wah kayaknya saya kena tipu" dan mulailah dia bercerita spt diatas..
Sayangnya, rekening si penjual abal2 itu enggak di tempat kitah, tapi di bank sebelah,hihi jadi nggak bisa cek di sistem..duuh coba ya si penipu pake rekening di bank ini...bisa diusuuut tu penipu,xixi

Oya..jadiii..kalau belanja online hati-hati yaaaa...jangan sampai kena tipuuu..ada baiknya baca2 dulu testimonial dari para pembeli sebelumnya terus googling dengan keyword nama tokonya, siapa tau ada pemberitaan negatif, jadi nggak bakalan ketepuuu....Oiyaa satu lagi, kalau belanja barang yang perlu ukuran (misal sepatu, baju) pastikan ukurannya pas, jangan sampai salah ukuran, suka ribet ngebalikinnya, bahkan ada bbrp toko yang ngga nerima penukaran barang....so hati2 n belanjalah dengan bijak jeng jeng..Happy Shopping:)

*terinspirasi gara2 malem ini berencana belanja online lagi kesini* :D :D
-gambar diambil dari sini-

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright Me and everything around.. 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .